Jurusan Geografi UM Menjalin Kerjsama dengan Esri Indonesia

Esri merupakan salah satu pengembang software pengolah peta/citra dalam sistem informasi geografis (SIG) yang telah lama dikenal di Indonesia. Perusahaan ini berpusat di San Diego, Amerika Serikat. Melalui perwakilannya di Indonesia yakni Esri Indonesia telah menjalin kerjasama dengan jurusan geografi, FIS, UM.

Kerjasama yang dilakukan oleh Jurusan Geografi dan Esri Indonesia diawali dalam bentuk workshop/pelatihan. Workshop dilakukan pada hari sabtu 4 Juni 2016. Peserta pelatihan berasal dari civitas akademika UM yang meliputi Dosen Jurusan Geografi, Dosen Jurusan Sejarah, Dosen Program Studi IPS, dan Dosen Teknik Sipil serta perwakilan mahasiswa Geografi UM angkatan tahun 2011 hingga 2015 dan alumni. Jumlah peserta workshop dari dosen sebanyak 17 peserta dan dari mahasiswa sebanyak 25 peserta.

Materi pelatihan yang diberikan dalam workshop meliputi: pengenalan software ArcGIS 10.4, Instalasi dan Authorize, Searching dan Browsing data Geospasial secara online, dan Pemanfaatan basisdata Geospasial. Pada kesempatan tersebut pihak Esri Indonesia mengirimkan dua orang trainer yaitu: Fikriyah Winata, S.Si dan Regina Maria Hitoyo, S.T.

Antusiasme dari Dosen dan Mahasiswa nampak sangat luar biasa dibuktikan dengan keikutsertaan peserta hingga akhir pelaksanaan workshop. Dalam perkembangannya pemanfaatan teknologi SIG dengan menggunakan software ArcGIS bukan hanya untuk jurusan ilmu-ilmu kebumian saja, namun juga mendukung ilmu lain seperti teknik dan ilmu sosial.

Gambar 1. Penjelasan Materi untuk Dosen

1

Gambar 2. Penjelasan Materi untuk Mahasiswa

2

Gambar 3. Peserta Technical Workshop ArcGIS

Berita ditulis oleh : Listyo Yudha Irawan, S.Pd., M.Pd., M.Sc

Editor 1 : Betty Masruroh, S.Si

Editor 2 : Dr. Singgih Susilo, M.Si., M.S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*