PAMERAN PRODUK KEWIRAUSAHAAN JURUSAN GEOGRAFI DALAM RANGKA MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA

Pameran produk kewirausahaan telah selesai dilaksanakan oleh Jurusan Geografi FIS UM pada tanggal 4 Mei 2016 di depan gedung I1 FIS UM. Pameran ini diikuti oleh mahasiswa Jurusan Geografi, Sejarah, dan Prodi IPS. Mahasiswa Jurusan Geografi mengeluarkan 57 stan, IPS dan Sejarah 3 stan.

Sebagian besar produk yang dipamerkan adalah produk boga, sehingga sebagai jurinya dipilih 3 orang yang memili latar belakang sebagai ahli boga (Dra. Wiwik Wahyuni, M.Pd/Dosen Teknik), berlatar belakang kewirausahaan (Drs. Mustofa, M.Pd/Dosen Jurusan Geografi), dan berlatar belakang kewirausahaan non boga (Ir. Juarti, M.P/Dosen Jurusan Geografi). Berdasarkan hasil penjurian, juara I diperoleh oleh stan produk susu jagung, juara II stan bakso isi keju, dan juara III stan abon jamur.

Drs. Mustofa, M.Pd, pengampu mata kuliah kewirausahaan di Jurusan Geografi FIS UM menjelaskan bahwa matakuliah kewirausahaan Geografi merupakan matakuliah pengembangan produk berbasis potensi lokal. Ada beberapa tahapan proses yang menurut beliau sangat penting untuk menunjang kesuksesan dari pemeran produk ini yaitu:

  1. Pemahaman tentang kewirausahaan
  2. Identifikasi bidang usaha
  3. Identifikasi potensi wilayah
  4. Pengembangan proposal bisnis
  5. Bedah kanvas proposal bisnis
  6. Eksekusi produk
  7. Evaluasi produk
  8. Gelar produk

Gelar produk merupakan tahap penting sebagai aplikasi dari jurus kunang-kunang “Kalau produk sudah ada, harus ditunjukkan kepada masyarakat luas”, ungkap Drs. Mustofa, M.Pd.

Berita ditulis oleh: Betty Masruroh, M.Si

Editor: Drs. Mustofa, M.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*