KUNJUNGAN SMA MUHAMMADIYAH 1 SUMENEP UNTUK PEMANFAATAN LABORATORIUM GEOGRAFI

Laboratorium Geografi berperan mengembangkan pembelajaran baik di level perguruan tinggi maupun SMA. Peran aktif Laboratorium Geografi diwujudkan dalam bentuk kunjungan sekolah, produki produk bahan ajar/media, dan pelatihan. Salah satu agenda rutin yang dimiliki adalah kunjungan SMP-SMA. Pada tanggal 9 April 2016 Laboratorium Geografi menerima kunjungan dari SMA Muhammadiyah 1 Sumenep.

Jumlah peserta kunjungan sebanyak 150 siswa dan dua orang guru pendamping. Jurusan Geografi khususnya Laboratorium Geografi diwakili oleh Kepala Laboratorium Purwanto, S.Pd, M.Si dan beberapa dosen dan laboran diantaranya Ardyanto Tanjung, S.Pd., M.Pd, Ferryati Masitoh, S.Si, M.Si, Listyo Yudha Irawan, S.Pd, M.Pd, M.Sc, Edy Widodo, S.Pd, Dicky Arinta, S.Pd, dan Betty Masruroh, S.Si. Beberapa orang mahasiswa asisten praktikum juga terlibat.

Kunjungan Laboratorium Geografi meliputi: Lab. Batuan, Lab. Geografi Fisik, dan Lab. Kartografi. Peserta berkesempatan menerima penjelasan materi dari masing-masing laboratorium selama 45 menit. Beberapa orang peserta menyampaikan kesan bahwa pembelajaran geografi dengan memanfaatkan laboratorium dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman geografi lebih mendetail. Guru pendamping dalam kunjungan ini juga sangat berharap alih informasi dan teknologi dalam bidang geografi dari perguruan tinggi ke SMA dapat berlangsung secara terus-menerus. Harapan ini timbul berkenaan dengan orientasi pembelajaran geografi SMA yang diharuskan selaras dengan perkembangan zaman.

 

Berita ditulis oleh: Listyo Yudha Irawan, S.Pd., M.Pd., M.Sc

Editor 1: Betty Masruroh, S.Si

Editor 2: Purwanto, S.Pd., M.Si

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*