PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP KELAS XI IPS 2 DI MAN KOTA BATU

Muhamad Fanani1, Budi Handoyo2, dan Djoko Soelistijo3

Universitas Negeri Malang

E-mail: muhamadfanani94@yahoo.com, budi.handoyo.fis@um.ac.id, djoko.soelistijo.fis@um.ac.id

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui penerapan pendekatan scientific dengan menggunakan model cooperative script. Hasil observasi menunjukan di kelas XI IPS 2 MAN Kota Batu siswa masih kesulitan dalam memahi konsep. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan gain score. Hasil penelitian menujukan yaitu ada peningkatan pemahaman konsep siswa. Rata-rata hasil pemahaman konsep siswa pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 3,74.

Kata Kunci: Scientific, Model Pembelajaran Cooperative Script, dan Pemahaman Konsep.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*