PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS PESERTA DIDIK

Fransisca Devi Yuda, Hadi Soekamto, Mustofa

Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang

Email: Adiba.nuraqilah@gmail.com, hadi.soekamto.fis@um.ac.id, mustofa.fis@um.ac.id

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media video terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik pada kelas XI IIS di SMA Negeri I Lawang. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IIS 1 sebagai kelas kontrol dan peserta didik kelas XI IIS 2 sebagai kelas eksperimen. Jenis Penelitian yang digunakan adalah quasi ekperimen dengan design penelitian posttest control group design. Uji hipotesis yang digunakan adalah independent sample t-test, dan diperoleh hasil signifikan yang  ditunjukkan dengan nilai sig. 2 tailed sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi yakni 78.61 dibanding kelas kontrol yakni 66.50. Hasil dari penelitian adalah model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media video berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas XI IIS SMA Negeri I Lawang.

 

Kata Kunci: model Problem Based Learning, kemampuan berpikir analitis, media video

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*