Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning berbasis Google Earth terhadap Kemampuan Menerapkan Konsep dalam Geografi Peserta Didik SMAN 9 Malang

Natya Apriliana1, Ach. Amirudin2 dan Didik Taryana3

Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang

E-mail: natyaapriliana@gmail.com, ach.amirudin.fis@um.ac.id, didik.taryana.fis@um.ac.id

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbasis Google Earth terhadap kemampuan menerapkan konsep dalam geografi. Alasan pemilihan model pembelajaran ini yang pertama, model pembelajaran Project Based Learning mampu meningkatkan motivasi, mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, mampu meningkatkan kolaborasi, dan mampu meningkatkan keterampilan mengelola sumber, sumber dalam penelitian ini menggunakan Google Earth. Kedua karakteristik model pembelajaran Project Based Learning sudah mencakup pembelajaran discovery learning dan inquiry. Ketiga pembelajaran geografi yang profesional harus mampu mengembangkan kurikulum dengan menggunakan pendekatan kemasyarakatan dengan melihat pengalaman langsung. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasy Experiment ) dengan desain Time Series. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SMAN 9 Malang berjumlah 32 peserta didik dengan rincian laki-laki 10 peserta didik dan perempuan 22 peserta didik. Data yang diperoleh dihitung menggunakan Paired T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berbasis Google Earth berpengaruh terhadap kemampuan menerapkan konsep geografi. Pengaruh ini ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan menerapkan konsep geografi siswa di setiap tes. Pengujian hipotesis terhadap kemampuan menerapkan konsep geografi diketahui bahwa pada tes 1 dan tes 2 menunjukkan sig (2-tailed) 0.003, sedangkan pada pengujian hipotesis tes 2 dan tes 3 menunjukkan hasil sig (2-tailed) 0.000. Angka tersebut menunjukkan bahwa terjadi pengaruh yang signifikan model pembelajaran Project Based Learning berbasis Google Earth. Bagi guru geografi khususnya guru geografi SMAN 9 Malang dapat menjadikan model pembelajaran Project Based Learning berbasis Google Earth sebagai salah satu variasi dalam mengajar. Model pembelajaran Project Based Learning dapat menjadi sarana untuk mendapatkan informasi, memanfaatkan sumber dan mengaplikasikan teori dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menerapkan konsep dalam geografi pada kehidupan sehari-hari. Pada penerapannya dalam proses pembelajaran Google Earth dapat lebih mudah digunakan dan lebih praktis dari pada guru membawa globe ataupun peta.

Kata Kunci: Project Based Learning, Google Earth, Kemampuan Menerapkan Konsep

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*