“KETERKAITAN 10 KONSEP DASAR GEOGRAFI DENGAN PEREMPUAN PUTUS SEKOLAH PADA JENJANG DIKDAS 9 TAHUN DI DESA TULUNGREJO KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN BLITAR “

“Helin Istikasari, Ach. Fatchan, Budi Handoyo

Kualitas pendidikan yang rendah dapat berkaitan dengan angka putus sekolah dan ketidakmerataan pemenuhan kebutuhan pendidikan. Permasalahan tersebut salah satu diantaranya dijumpai di hampir sebagian desa di Kecamatan Gandusari. Desa Tulungrejo merupakan desa dengan jumlah presentase anak perempuan yang mengalami putus sekolah pada jenjang dikdas 9 tahun yang tinggi bila dibandingkan dengan desa-desa yang lainnya.

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan keterkaitan 10 konsep dasar geografi dengan anak perempuan yang mengalami putus sekolah pada jenjang dikdas 9 tahun di Desa Tulungrejo Kecamatan Gandusari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan merupakan jenis penelitian diskriptif. Fakta hasil penelitian akan didiskripsikan dan menganalisis kebenarannya berdasarkan data yang telah diolah melalui statistik. Metode yang digunakan yaitu survey, pengambilan sampel responden menggunakan rumus Slovin dengan teknik proposional random sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisis tabulasi tunggal dan crosstabulation atau tabulasi silang untuk memperoleh gambaran dan juga hubungan antara variabel yang terkait.

Hasil penelitian menunjukan bahwa ada keterkaitan 10 konsep dasar geografi (konsep jarak, konsep lokasi, konsep defferensiasi area, konsep aksesbilitas, konsep pola, konsep aglomerasi, konsep keterjangkauan, konsep nilai guna, konsep interaksi, konsep morfologi) dengan anak perempuan yang mengalami putus sekolah pada jenjang dikdas 9 tahun di Desa Tulungrejo Kecamatan Gandusari.

Kata kunci: Anak perempuan putus sekolah jenjang dikdas 9 tahun dan 10 konsep dasar geografi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*