PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMA

“Riana Puji Lestari, Hadi Soekamto, Ach. Fatchan

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap sikap peduli lingkungan siswa SMA. Penelitian ini dirancang menggunakan quasy eksperiment dengan subyek penelitianyakni kelas XI IIS 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 29 siswa dengan menggunakan pembelajaran yang biasa dilakukan guru mata pelajaran (ceramah, tanya jawab, dan diskusi) dan kelas XI IIS 4 sebagai kelas eksperimen dengan 29 siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian dilakukan pada semester genap 2014/2015 dengan menggunakan materi Pelestarian Lingkungan Hidup. Pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui sikap peduli lingkungan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan pengisian angket peduli lingkungan kelas eksperimen memiliki jumlah skor yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.Diperoleh kesimpulan bahwa, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap sikap peduli lingkungan siswa SMA.

Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), sikap peduli lingkungan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*