LABORATORIUM

Laboratorium Geografi merupakan laboratorium yang dalam pengelolaannya di bawah Jurusan Geografi. Laboratorium ini mendukung dalam proses pembelajaran khususnya Prodi Pendidikan Geografi dan Geografi. Keberadaan Laboratorium Geografi tidak terlepas dari terbentuknya Kelompok Bidang Keilmuan (KBK).

Kelompok Bidang Keilmuan (KBK) merupakan wadah pengembangan keilmuan bagi dosen Jurusan Geografi. Melalui KBK ini diharapkan semua kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kompetensi bidang studi. Jurusan Geografi, memiliki empat KBK yaitu: 1) Geografi Fisik dan Pengembangan Wilayah, 2) Teknik, 3) Sosial dan Pengembangan wilayah, dan 4) Pendidikan.

Berdasarkan pembagian keempat KBK tersebut selanjutnya dikembangkan laboratorium geografi yang terdiri dari: KBK Geografi Fisik dan Pengembangan Wilayah saat ini diwadahi didukung oleh Laboratorium Fisik dan Laboratorium Batuan. KBK Teknik didukung oleh Laboratorium Kartografi & Penginderaan Jauh Dasar dan Laboratorium. Sistem Informasi Geografi (SIG) & Penginderaan Jauh Digital. KBK Sosial dan Pengembangan Wilayah didukung oleh Laboratorium Manusia, serta KBK Pendidikan didukung oleh Laboratorium Media.

Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran terkait dengan praktikum dilakukan kontrol oleh Gugus Penjaminan Mutu (GPM) Jurusan Geografi. Hasil kontrol selanjutnya digunakan sebagai bahan evaluasi dalam pelaksanaan praktikum setiap semester. “High Tech Spatial Learning”

 

Motto Laboratorium Geografi:High Tech Spatial Learning

 

Ruang merupakan ciri dari kajian geografi. Semua objek permukaan bumi tersebar dalam ruang. Setiap ruang memiliki kondisi yang unik dan berbeda antara ruang satu dengan ruang yang lain. Untuk mengkaji fenomena dalam suatu ruang perlu suatu pendekatan yaitu pendekatan keruangan yang merupakan salah satu pendekatan geografi. Struktur ruang dipermukaan bumi memiliki empat dimensi yaitu lokasi, jarak, luas, volume, dan waktu.

Pengkajian fenomena dalam ruang didukung dengan aplikasi perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi yang mendukung keilmuan Geografi meliputi: Penginderaan Jauh, Sistem Informasi Geografi (SIG), Global Positioning System (GPS), Total Station (TS). Teknologi-teknologi tersebut sangat mendukung dalam proses pengumpulan, pengolahan, penyajian data secara cepat, tepat dan akurat serta penyajian data keruang dalam 4 dimensi.

Sebagai upaya mewujudkan Laboratorium Geografi yang berkualitas perlu didukung oleh kemampuan sumberdaya manusia yang berkompeten. Dimana sumberdaya manusia sangat berperan dalam menentukan keberhasilan (Human Touch). Tenaga ahli yang dimiliki oleh Laboratorium Geografi yang memiliki keahlian dan pengalaman yang akan menghasilkan suatu analisis dan kesimpulan yang berkualitas tinggi.  Berdasarkan alasan tersebut maka di rumuskan Motto Laboratorium Geografi adalah ”High Tech Spatial Learning”.

id_IDBahasa Indonesia
Powered by TranslatePress »