Pada Tanggal 22 – 24 April 2019 Jurusan Geografi melakukan kerjasama
dengan MGMP Geografi Regional Madura. Bentuk kerjasama tersebut adalah workshop peningkatan kompetensi guru-guru geografi yang diberi nama “Pembelajaran Geografi berbasis Human Enviromental – Spatial Approach”. Dalam worshop ini peserta mendapatkan materi pedagogik dan bidang studi.

Materi pedagogik meliputi model pembelajaran kooperatif, High Order Thinking Skill (HOTS), dan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang mendukung HOTS. Materi bidang studi meliputi Sistem Informasi Geografis (SIG) dan penginderaan jauh, demografi dan kependudukan, geologi dan geomorfologi Pulau Madura, pengembangan wilayah. Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang yakni Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial.

Peserta berjumlah 40 guru geografi dari Kabupaten Bangkalan, Sumenep, Pamekasan, dan Sampang. Adapun Pemateri workshop adalah:
(1) Dr. Satti Wagistina, SP., M.Si
(2) Ike Sari Astuti, SP., M.Nat.Res,. Ph.D
(3) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd
(4) Listyo Yudha Irawan, S.Pd. ,M.Pd., M.Si;
(5) Ifan Deffinika, S.Si., M.Si.
Selain worksop, juga dilangsungkan penandatanganan naskah kerjasama antara Jurusan Geografi FIS – UM dengan MGMP Geografi Regional Madura.