Sejarah Jurusan Geografi

SEJARAH JURUSAN GEOGRAFI

Jurusan Geografi berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UM. Jurusan Geografi bermula dari salah satu jurusan yang dimiliki Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) Malang yang didirikan tanggal 18 Oktober 1954, yang juga merupakan cikal bakal UM. Pendirian PTPG Malang dikukuhkan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan Nomor 38742/Kab tanggal 1 September 1954. Dua bulan berikutnya, yaitu tanggal 10 November 1954, pemerintah mendirikan Universitas Airlangga (Unair) yang berkedudukan di Surabaya dan PTPG Malang sebagai salah satu fakultasnya. Fakultas tersebut bernama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unair dan secara formal ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 1958.

Dalam periode tahun 1960-1963, di Indonesia terdapat dua jenis lembaga pendidikan tinggi pencetak guru sekolah lanjutan, yaitu FKIP (yang merupakan bagian dari suatu universitas) dan IPG (Institut Pendidikan Guru) yang merupakan lembaga mandiri. Untuk menyatukan dua jenis lembaga pendidikan tinggi tersebut, pada 3 Januari 1963 terbit Surat Keputusan Presiden Nomor 1 Tahun 1963 yang isinya menyatukan dua jenis lembaga tersebut menjadi lembaga baru yang bernama IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Melalui Keputusan Bersama Menteri PTIP (Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan) dan Menteri PDK (Pendidikan dan Kebudayaan) Nomor 32 dan 34 Tahun 1963, FKIP Unair dan IPG Madiun digabung menjadi IKIP MALANG. Berdasarkan SK Menteri PTIP Nomor 35 tahun 1964, IKIP MALANG memiliki cabang di Surabaya, Madiun, Singaraja, dan Kupang. Kemudian melalui SK Menteri PTIP Nomor 36 Tahun 1964, Cabang IKIP MALANG bertambah satu lagi, yaitu di Jember.

Jurusan Geografi berdiri pada tanggal 24 Oktober 1965 dengan Nama Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan Ilmu Sosial IKIP Malang. Kemudian nama fakultas berubah menjadi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Tahun 1999 Jurusan Geografi bergabung dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan tahun 2010 Jurusan Geografi bergabung dengan Fakultas Ilmu Sosial.

Dosen yang pernah menjabat sebagai Ketua Jurusan Geografi adalah sebagai berikut:

  1. R. Handoyo
  2. M. Zaeni Hasan
  3. Prof. Dr. H Salladien, B.Sc
  4. Drs. Paulus Hendra Pradana, M.Si
  5. Drs. Yusuf Idris
  6. Suwardi Rustanto, M.Si
  7. Dr. Didik Taryana, M.Si
  8. Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si
  9. Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd
  10. Dr. Ach. Amirudin, M.Pd
  11. Prof. Budijanto, M.Sos
  12. Dr. Singgih Susilo, M.S., M.Si
  13. Dr. Didik Taryana, M.Si
id_IDBahasa Indonesia
Powered by TranslatePress »