Dalam upaya menciptakan doktor yang unggul dan berkualitas tinggi, Program Doktoral Pendidikan Geografi di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (UM) terus mengembangkan inisiatif unggulan, Big Brother Big Sister Program. Kegiatan terbaru yang diadakan pada 12 September 2023 fokus pada penggunaan Publish or Perish dan Vosviewer untuk analisis data penelitian Geografi dengan Syamsul Bachri, S.Si., M.Sc., Ph.D. sebagai dosen pendamping sekaligus inisiator program.

Program Big Brother Big Sister telah menjadi simbol kolaborasi dan bimbingan yang kuat antara mahasiswa doktoral senior (“Big Brother” atau “Big Sister”) dan mahasiswa doktoral baru (“Little Brother” atau “Little Sister”). Tujuan program ini adalah untuk membantu mahasiswa doktoral baru menjalani perjalanan mereka menuju gelar doktor dengan sukses.

Pada kegiatan kali ini, fokusnya adalah pada penggunaan dua alat penting dalam penelitian akademik, yaitu Publish or Perish dan Vosviewer. Publish or Perish adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengukur dampak penelitian seorang peneliti melalui analisis publikasi ilmiah. Sementara Vosviewer adalah alat visualisasi data yang digunakan untuk menganalisis jaringan penelitian dan perkembangan dalam suatu bidang.

Penggunaan Publish or Perish dan Vosviewer adalah langkah penting dalam penelitian geografi modern. Hal Ini membantu untuk memahami tren penelitian, memaksimalkan dampak publikasi kami, dan menjaga agar penelitian relevan. Kegiatan ini melibatkan “Big Brothers” dan “Big Sisters” yang telah berpengalaman dalam menggunakan alat-alat ini. Mereka membagikan pengetahuan dengan “Little Brothers” dan “Little Sisters” yang masih dalam tahap awal studi doktoral. Ini adalah contoh nyata dari bagaimana komunitas akademik dapat memberdayakan satu sama lain melalui mentorship.

Program Big Brother Big Sister di Doktoral Pendidikan Geografi UM terus menjadi contoh keberhasilan dalam mencetak doktor-doktor yang berkualitas tinggi dan berkontribusi pada penelitian geografi yang relevan. Kolaborasi ini membuktikan bahwa pendidikan tinggi dapat menjadi tempat di mana pengalaman dan pengetahuan dibagikan dengan semangat kolaborasi, menghasilkan para peneliti yang siap menghadapi tantangan di masa depan.