Standar Capaian Pembelajaran Lulusan (SCPL) Program Studi Pendidikan Geografi

  1. Memiliki pengetahuan dan kemampuan menampilkan perilaku sebagai warga negara yang agamis, mencintai negara, bangsa, dan budaya Indonesia berdasarkan jiwa Pancasila, serta memiliki kemandirian dalam berkarya secara inovatif, adaptif dan kritis sesuai dengan dinamika global
  2. Memiliki nilai dan wawasan keilmuan Pendidikan dan pembelajaran secara teoritik dan aplikatif dalam bingkai budaya Indonesia, dalam perannya sebagai pendidik yang kritis, inovatif, adaptif, dan komunikatif sesuai dengan karakter dan budaya peserta didik di era global.
  3. Memiliki pengetahuan dan kemampuan melakukan kajian geosfer yang meliputi litosfer, hidrosfer, atmosfer, biosfer, antroposfer, dan dampaknya terhadap kehidupan manusia dengan menggunakan pendekatan geografi secara logis, kritis, sistematis, inovatif, dan adaptif dalam konteks pengembangan ilmu pendidikan geografi.
  4. Memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi geospasial dan literasi data dalam melakukan pengumpulan, pengolahan, penyajian data geospasial, kelingkungan, kewilayahan secara kritis dan logis sesuai dengan etika akademik.
  5. Memiliki pengetahuan dan kemampuan melakukan kajian hubungan antara manusia dan lingkungan sebagai satu kesatuan berdasarkan prinsip lingkungan untuk menghasilkan solusi, gagasan, dan desain berdasarkan permasalahan sebagai bentuk kontribusi dalam mempertahankan kehidupan yang berkelanjutan secara mandiri. 
  6. Memiliki pengetahuan dan kemampuan menerapkan pembelajaran geografi berbasis riset secara inovatif dengan menghasilkan karya pembelajaran yang implementatif dan berkualitas secara mandiri sesuai dengan bidang keahliannya.
  7. Memiliki kemampuan dalam merancang dan menerapkan penelitian pendidikan geografi, serta terampil mengkomunikasikan karya secara lisan maupun tulis dalam bentuk karya ilmiah atau laporan tugas akhir sesuai dengan nilai, norma, dan etika akademik.