Universitas Negeri Malang (UM) merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang memiliki kepakaran di bidang kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan humaniora. Berdasarkan hal tersebut, visi misi UM berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian yang dapat berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat Indonesia. Sebagai salah satu bagian dari masyarakat Indonesia, Pegawai Migran Indonesia (PMI) di luar negeri juga berhak mendapatkan perhatian dan kesempatan yang sama dalam memperoleh realisasi visi misi UM secara konkret. Hal tersebut telah terjawab dalam fasilitasi pengabdian kemitraan luar negeri untuk masyarakat Indonesia yang tinggal di lingkungan internasional.

Pada (16-17/07/2023), representatif Universitas Negeri Malang yaitu GeoGeniuses Team yang diketuai oleh Bapak Alfyananda S.Pd., M.Pd Kurnia Putra (Dosen Geografi UM), dengan anggota Bapak Arif Widianto, S.Sos., M.A (Dosen Sosiologi UM) serta mahasisa UM Tasya Khairunisa telah melaksanakan kegiatan pengabdian kemitraan luar negeri di Sekolah Indonesia Johor Bahru. Pada dasarnya, Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB) merupakan sekolah Indonesia yang hadir di Malaysia untuk memenuhi dan melindungi hak pendidikan anak-anak PMI. Secara realitas, anak-anak PMI tidak memiliki dokumen secara resmi dan legal, sehingga anak-anak tersebut tidak bisa kembali ke Indonesia dan memiliki keterbatasan akses untuk memperoleh pendidikan sekolah di Malaysia. Oleh karena itu, SIJB berusaha untuk memenuhi hak pendidikan, memberikan kesamarataan kualitas mutu dan layanan pendidikan sekaligus menjadi sarana untuk aktualisasi bela negara bagi anak-anak PMI.

Namun, dalam realisasinya, SIJB masih terhambat oleh keterbatasan fasilitas pendukung dan tenaga khusus. Sehubungan dengan hal tersebut, dalam mensupport aktualisasi bela negara bagi anak-anak PMI di SIJB, representatif Universitas Negeri Malang yaitu GeoGeniuses Team berinisiatif untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Serious Game Technology bernama Nusantara Quest: Jiwa Garuda Saga dengan topik Bela Negara dan Kearifan Lokal. Selain mengembangkan game Nusantara Quest, GeoGeniuses Team juga melakukan kegiatan uji coba produk pengembangan tersebut kepada siswa-siswa SIJB. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memfasilitasi pembelajaran aktualisasi bela negara serta penguatan karakter wawasan kebangsaan untuk siswa-siswa SIJB secara lebih proporsional.  Tidak hanya itu, kegiatan pengabdian ini juga selaras dan mengimplementasikan Sustainable Development Goals (SDG’s) Indonesia poin 4 yang mengedepankan jaminan kualitas pendidikan inklusif, merata dan memberikan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua masyarakat Indonesia.

Sebelum kegiatan pengabdian ini berlangsung, Kepala Sekolah SIJB yaitu Bapak Mohamad Rizali Noor, S.E beserta jajarannya telah menyambut baik kedatangan pihak UM. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa “Kami melihat penggunaan teknologi serious game ini memiliki prospek yang sangat bagus untuk menunjang pembelajaran kami di SIJB. Oleh karena itu, kami sangat berterima kasih atas kehadiran representatif UM yang akan melaksanakan kegiatan pengabdian dalam bentuk pendidikan dan pembelajaran aktualisasi bela negara serta kearifan lokal. Besar harapan kami, dengan kegiatan ini dapat memberikan pembelajaran yang berkesan, sehingga dapat mengenalkan Indonesia jauh lebih mendalam kepada siswa-siswa SIJB yang belum pernah menginjakkan kaki ke Indonesia.”

Selanjutnya, pelaksanaan pengabdian ini melibatkan seluruh siswa jenjang SMP sekolah SIJB untuk melakukan uji coba produk. Dalam kegiatan tersebut, siswa akan memperoleh materi Bela Negara dan Kearifan Lokal sebagai introduction dan mencoba memainkan produk Nusantara Quest melalui smartphone / PC / Laptop. Secara karakteristik, topik pembelajaran bela negara dan kearifan lokal cenderung kompleks dengan fokus teori dan konsep yang abstrak, sehingga membutuhkan metode pembelajaran yang aktif, kreatif dan interaktif. Penyajian edukasi dalam bentuk Role Playing Game (RPG) dan elemen gamification yang menarik dapat mendorong anak PMI mencapai pengetahuan baru atas wawasan kebangsaan Indonesia dalam metode yang menyenangkan dan berkesan.

Bapak Alfyananda Kurnia Putra S.Pd., M.Pd. (Dosen Geografi UM) Sedang Mengarahkan Uji Coba Produk .dokpri
Hal ini sejalan dengan desain instruksional game yang mengedepankan edukasi bela negara dan pengenalan kearifan lokal dalam bentuk pertanyaan serta story telling berlatarkan budaya maupun historis Indonesia. Adapun konten budaya yang disajikan dalam game Nusantara Quest meliputi keragaman budaya dan keindahan alam Indonesia. Sedangkan konten historis utama yang disajikan dalam game Nusantara Quest meliputi Kongres Sumpah Pemuda, Perobekan Bendera di Hotel Yamato, Pancasila serta histori para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Pemaparan Materi oleh Bapak Alfyananda Kurnia Putra, S.Pd., M.Pd.

Sedangkan, dari konteks gamification elemen avatar, score, dan level game ini mendukung lingkungan belajar yang menyenangkan, sehingga menimbulkan keterlibatan, kemandirian, dan kepuasan belajar siswa terhadap materi yang dipelajari. Integrasi avatar, score, dan level pada game ini mampu membawa siswa seolah berada dalam dunia game untuk memperoleh level dan score terbaik, sehingga memacu semangat dan jiwa kompetitif siswa. Melihat spesifikasi masing-masing elemen, maka desain instruksional dan elemen gamification yang saling berelasi tersebut dapat memberikan hiburan sekaligus edukasi yang menarik bagi siswa.

Tampilan Fitur Pertanyaan dan Elemen Gamification yang ada dalam Game Quest Nusantara

“Kami semua disini hadir membawakan Indonesia untuk anak-anak SIJB yang merupakan bagian penting dari Indonesia. Semoga dengan adanya konten materi yang mengenalkan budaya, peristiwa bersejarah Indonesia dan internalisasi Pancasila dapat menguatkan karakter wawasan kebangsaan adik-adik sekalian. Tetap semangat belajar, raih impian kalian, karena kalian merupakan aset sekaligus generasi penerus bangsa yang berhak menjadi orang-orang luar biasa. Kami tunggu kehadiran kalian sebagai orang-orang hebat di Indonesia.” ujar Bapak Alfyananda Kurnia Putra, S.Pd., M.Pd., ketua pelaksana pengabdian kemitraan luar negeri di SIJB kepada seluruh siswa-siswa SIJB.

Selain itu, siswa juga memberikan respon positif terhadap pengembangan produk Serious Game Technology ini. “Dari game yang sudah saya mainkan tadi, saya mendapatkan pengetahuan dan sisi baru Indonesia yang sangat kaya akan kebudayaan, keindahan alam, dan berbagai peristiwa sejarah yang bermakna, melalui kemasan pembelajaran yang sangat menarik. Sebelumnya saya belum pernah merasakan permainan dalam pembelajaran se-menyenangkan ini. Dengan game ini saya jadi bisa mengenal Indonesia lebih jauh walaupun belum pernah menginjakkan kaki ke Indonesia.” Ujar Naufal siswa kelas 7 SIJB. Terakhir, pengembangan game ini juga mendapat feedback baik dari ketua kurikulum SIJB. “Dengan kehadiran Bapak Ibu sekalian dari UM yang membawakan teknologi game untuk memperkenalkan budaya Indonesia, membuat anak-anak merasa dirangkul, merasa terbantu, dan tentunya merasa lebih dekat dengan Indonesia. Konten yang disajikan pun juga sangat interaktif, reflektif, dan kontekstual, sehingga memfasilitasi merdeka belajar anak-anak secara riil. Kami berharap, kegiatan ini dapat berlanjut lagi di tahun-tahun berikutnya, karena hal ini sangat dinantikan oleh siswa.” ujar Yanti Ramdaniah ketua kurikulum di SIJB.